Senin, 04 Mei 2020

Info Lengkap Pengertian Sistem Transportasi Pada Manusia


 Artikel Bermanfaat - Sistem Transportasi Tubuh Manusia : Alat, Macam, Kelainan, Gangguan dan Mengatasi adalah proses pengedaran berbagai zat yang diperlukan ke seluruh tubuh dan pengambilan zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh

Sistem Transportasi Tubuh Manusia


Transportasi ialah proses pengedaran berbagai zat yang diperlukan ke seluruh tubuh dan pengambilan zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh. Alat transportasi pada manusia terutama adalah darah. Di dalam tubuh darah beredar dengan bantuan alat peredaran darah yaitu jantung dan pembuluh darah. Selain peredaran darah, pada manusia terdapat juga peredaran limfe (getah bening) dan yang diedarkan melalui pembuluh limfe.

Pada hewan alat transpornya adalah cairan tubuh, dan pada hewan tingkat tinggi alat transportasinya adalah darah dan bagian-bagiannya, sedangkan alat transportasi pada tubuh manusia adalah jantung dan pembuluh darah.

Jenis Alat Transportasi Tubuh Manusia

Alat transportasi pada tubuh manusia adalah jantung dan pembuluh darah.

Jantung

Alat utama pada peredaran darah manusia adalah jantung sebagai motor penggerak dan pembuluh darah sebagai saluran untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jantung adalah otot yang sangat kuat dan jantung itu seperti dua buah pompa yang berdampingan kiri dan kanan. Jantung manusia terdiri dari empat  ruang yaitu serambi kiri dan serambi kanan, selanjutnya bilik kiri dan bilik kanan.

Kempat  bagian ini berfungsi spesifik dalam system peredaran darah. Serambi kanan menerima darah dari seliruh tubuh yang banyak mengandung banyak karbon dioksida, sedangkan serambi kiri menerima darah dari paru-paru  yang banyak mengandung oksigen. Bilik kanan merupakan bagian jantung yang menerima darah dari serambi kanan  dan memompakan menuju paru-paru, sedangkan bilik kiri menerima darah dari serambi kiri yang kaya oksigen dan memompakannya keseluruh tubuh

Darah

Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup  tingkat tinggi kecuali tumbuhan, yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.

Darah juga merupakan suatu cairan yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena berfungsi sebagai alat transportasi serta memiliki kegunaan yang lainnya untuk menunjang kehidupan. Darah yang terdapat dalam tubuh manusia seperti sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), keeping darah (trombosit), plasma darah (cairan darah).

Darah memiliki bebrapa fungsi yang bergunan bagi tubuh manusia, antara lain :


  • Mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh plasma darah.
  • Mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang dilakukan oleh plasma darah, karbon dioksida dikeluarkan melalui paru-paru, urea dikeluarkan melalui ginjal.
  • Mengedarkan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) yang dilakukan oleh plasma darah.
  • Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh sel-sel darah merah.
  • Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh yang dilakukan oleh sel darah putih.
  • Menutup luka yang dilakukan oleh keping-keping darah.Menjaga kestabilan suhu tubuh.
  • Bagian-Bagian Darah


Nah berikut ini bagian-bagian darah untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.

Sel Darah Merah

Sel darah merah merupakan salah satu bagian sel darah yang utama, karena perananya dalam mengikat oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh. Pada organ dewasa terdapat 4-5 juta sel untuk setiap 1 cc darah. Sel darah merah dapat mengalami pembaharuan apabila sel telah rusak atau tidak berfungsi dengan baik, kira-kira umur sel darah merah ialah 120 hari.

Sel Darah Putih

Sel darah putih merupakan salah satu komponen darah yang berguna membantu tubuh melawan bakteri dan virus masuk dan membuat bibit penyakit di dalam tubuh. Jadi sel darah putih meruapakan tameng tubuh dari serangan penyakit. Pada orang dewasa untuk jumlah sel darah putih dapat mencapai 6-9 ribu sel setiap cc darah. Jumlah ini tergantung seberapa banyak bakteri yang berusaha masuk dan telah masuk ke dalam tubuh.

Keping Darah

Keping darah ini merupakan bagian darah yang fungsinya ialah membantu penyembuhan luka, jumlah keping darah pada manusia dewasa dapat mencapai 2 hingga 5 ribu sel per cc darahnya. Keping darah dapat membantu membekukan darah saat terjadi pendarahan akibat luka, jadi saat tubuh mengalami luka, keping darah akan mengeluarkan enzim yang dapat memebekukan darah yaitu trombokinase.