Selasa, 05 Mei 2020

Info Lengkap Ansambel


 Artikel Bermanfaat - Aransemen berasal dari bahasa Belanda Arrangement, yang artinya penyesuaian komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen musik yang di dasarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah. Orang yang melakukan aransmen lagu dikenal dengan sebutan Aranger atau pengaransmen. Modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang arranger adalah menguasai pengetahuan tentang harmoni.

Kata ansambel berasal dari bahasa Perancis ensemble yang artinya bersama-sama. Dengan demikian musik ansambel dapat diartikan sajian musik yang dimainkan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau beberapa jenis alat musik.

Pengertian Ansambel

Musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik dan kemudian memainkan lagu dengan aransemen yang sederhana.  Kata ansambel sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang mempunyai arti rombongan musik dan ansambel dalam kamus musik mempunyai definisi kelompok kegiatan musik. Musik sendiri digunakan banyak orang saat sedang belajar karena dipercayai sebagai salah satu cara  menghindari stress saat belajar.

Musik Ansambel

Ansambel berasal dari kata ensemble (Prancis) yang berarti bersama-sama. Dengan dasar itulah musik ansambel dapat dimaknai sebagai sebuah sajian musik yang dilakukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau berbagai jenis alat musik. Ansambel sejenis adalah sajian musik yang dilakukan secara bersama-sama denganmenggunakan satu jenis. Misal ansambel gitar, ansambel rekorder. Ansambel campuran adalah sajian musik yang dilakukan secara bersama-sama dengan menggunakan alat musik melodis,ritmis dan harmonis . Misalnya orkestra, gamelan.

Musik Ansambel Nusantara

Musik ansambel Nusantara adalah penggabungan beberapa alat musik yang di mainkan secara bersamaan dengan berkelompok mengiringi satu lagu tradisional yang berada pada suatu daerah, sehingga terdapat perbedaan di masing-masing daerah yang mana itu merupakan ciri khas dari masing-masing daerah.

Klasifikasi Musik Ansambel

Berikut ini terdapat 3 klasifikasi musik ansambel, terdiri atas:

Alat Musik Melodis


Alat musik melodis yaitu alat musik yang berfungsi untuk memainkan rangkaian susunan nada-nada merupakan melodi lagu. Contoh alat musik melodi yang dapat kita jumpai dalai dan mudah untuk dipelajari siswa adalah Recorder dan Pianika. karena selain murah, siswa juga dirasa tidak terlalu sulit untuk memainkan alat musik ini.

Alat Musik Harmonis


Alat musik harmonis yaitu alat musik yang berfungsi untuk mengiringi perjalanan melodi lagu (dengan menggunakan akor-akor tertentu), yang termasuk alat musik harmonis yang mudah dijumpai dan dapat dimainkan siswa seperti Piano (Keyboard), Gitar, dan dapat juga terdiri atas tiga unsur pianika yang memainkan perbedaan nada sehingga membentuk akord.

Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis yaitu alat musik yang berfungsi sebagai Pengatur jalannya irama musik atau mengatur lagu, contohnya disini kita dapat menggunakan Senar drum atau Tamborin.Dalam bermain Ansambel Musik dibutuhkan kekompakan antar bagian, oleh karena itu sebelum memulai praktek setiap kelompok bagian akan memiliki satu ketua kelompok yang bertugas mengkoordinasi, baik itu bagian, melodis, harmonis ataupun ritmis, sedangkan untuk komposisi pemain, untuk jumlah siswa dalam kelas yang lebih dari 20 orang dapat kita pecah menjadi 2 grup ansambel musik.